:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
10 Maret 2020

Pembacaan Arwah Dilaksanakan Tanpa Henti

Sel, 10 Maret 2020 Dibaca 4x Kabar Darussalam

BLOKAGUNG – Dalam rangka menyambut haul masyayikh mendatang, maka serangkaian acara sudah di agendakan. Dan dari banyaknya agenda Haul Masyayikh, beberapa agenda sudah mulai dilaksanakan. Kemarin Senin malam (09/03) panitia pembacaan arwah sudah mulai pembacaannya, yang juga bersamaan dengan Khataman Al-Quran di maqom. Selain bertempat di depan gedung Balai Latihan Kerja (BLK), pembacaan arwah juga dilaksanakan di pondok putri selatan.

Untuk nama-nama arwah sendiri, dikumpulkan dari para santri, alumni, hingga masyarakat sekitar. Dari banyaknya nama-nama arwah yang terkumpul, diperkirakan pembacaan arwah tersebut selesai ketika malam haul mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan hampir setiap hari tanpa henti, hanya ketika adzan panitia istirahat sejenak, dan ketika tengah malam hingga subuh.

Adapun panitia pembaca arwah sendiri ditunjuk langsung oleh ketua panitia yakni ustad Khoirun Nuha, yang merupakan utusan dari warga asrama Khulusunnajah. Panitia sendiri hanya mempersiapkan peralatan antara lain mic, soundsystem, dan banner.

Dalam pelaksanaannya, setiap lembaran arwah dibacakan surah AlFatihah dan disertai dengan lantunan kalimat tahlil. Sebelum pembacaan arwah dimulai, terlebih dahulu dibacakan hadloroh untuk mbah Yai Syafa’at.

Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas ketika pelaksanaan haul ini berlangsung dengan lancar. Para panitia pembaca arwah sangat berantusias dalam pembacaannya, dan berharap agar kegiatan pembacaan arwah bisa tetap istiqomah dilaksanakan. “Dengan memberikan hadiah Al-Fatihah kepada arwah, semoga para arwah mendapat ampunan dari Allah”. Ujar salah satu pembaca arwah yang tidak mau disebutkan namanya. (hmd)