:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
5 Maret 2023

MHQ Juz 30, Peserta Dituntut Menjawab 3 pertanyaan

Ming, 5 Maret 2023 Dibaca 22x Kabar Darussalam / kegiatan darussalam

MASJID LANTAI 2 – Musabbaqoh Hifdzu Quran Juz 30 (MHQ Juz 30) dilaksanakan pada hari kedua pada acara ahsan yaitu bertepatan pada jumat malam sabtu (23/3/23), bertempat di pentas 4 masjid lantai dua bagian timur. Guna mengevaluasi hasil pembelajaran para santri Ponpes Darussalam selama satu tahun, maka pengurus pondok mengadakan acara Haflah Akhirussanah (AHSAN), Dalam acara tersebut banyak cabang perlombaan yang di selenggarakan.

Dalam perlombaan MHQ Juz 30 peserta yakni 1 delegasi dari seluruh asrama baik itu asrama induk maupun luar. Lomba ini juga tidak membatasi umur peserta, maka peserta juga beragam ada yang masih SLTA, SLTP bahkan ada juga yang sudah lulus sekolah. Juri dalam lomba ini adalah Ust. Dimas Arisandi dan Ust. Anang Mashudi.

Alur perlombaan sebagai berikut, peserta di panggil mc kemudian mengambil paket soal yang disediakan oleh panitia kemudian maju ke pentas lalu dewan juri memberi pertanyaan sesuai dengan paket yang sudah di pilih. Dalam paket tersebut berisi beberapa pertanyaan yaitu: membaca surah penuh, sambung ayat , 2 tebak surah. Dalam lomba ini peserta di tuntut untuk memenuhi beberapa kriteria penilaian untuk menjadi yang terbaik, kriteria tersebut meliputi: kelancaran, pertanyaan, fasohah, dan makhorijul huruf. Pemenang lomba akan diumumkan pada malam puncak ahsan hari Senin malam Selasa.

Kordinator dalam acara ini ialah Ust. Aden selaku ketua dan di bantu oleh 2 Ustad, Yaitu; Uts. Mosthofa dan Ust. Yoga wisnu. Tugas dari kordinator dalam acara ini ialah mempersiapkan soal soal yang akan di ujikan, dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam lomba ini. Untuk panggung sudah di persiapan oleh panitia ahsan dari pesantren.

Lomba ini berjalan sangat meriah banyak sekali suara riuh piuh dari para penonton yang memberi semangat ataupun mengejek para peserta kalau dalam Bahasa jawa disebut meggojloki. Harapan dilaksanakan lomba Musabaqqoh Hifdzu Quran juz 30 (MHQ JUZ 30) ini ialah “Supaya para santri lebih semangat dalam balajar dan menghafal Al-Quran” tutur Ust. Aden. (HIL)

Artikel Lainnya

Oleh : medis

Oleh : medis

Al-Ghozali Direnovasi