:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Kamis, 20 Jun 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
5 Maret 2023

Tumbuhkan Minat Para Santri Belajar Bahasa Arab

Ming, 5 Maret 2023 Dibaca 47x Kabar Darussalam / kegiatan darussalam

PENTAS 2 – Untuk mengevaluasi hasil belajar para santri selama setahun berada di pondok. Kamis (02/03) malam jumat kemarin pondok mengadakan haflah akhirussanah yang memuat bermacam-macam lomba salah satunya lomba bahasa arab. Lomba tersebut diadakan di pentas 2 yang berada di samping aula dengan diikuti seluruh perwakilan asrama pondok putra cabang maupun induk.

Peserta lomba merupakan delegasi perwakilan asrama yang mewajibkan mendelegasikan 1 orang setiap asrama. Peserta sendiri ketika lomba boleh menampilkan khitobah (pidato) ,Gina’ (menyanyi), ataupun drama dengan durasi waktu 6 menit. Juri dalam lomba ini tidak mengambil orang luar tetapi semuanya dari pihak Generation Of Arab Darussalam (GARD) yaitu ustaz Shofwan dari pondok Darul lughoh wa da’wah (DALWA), ustaz Warsun alumni GARD tahun 2021, ustaz Rizki ketua GARD saat ini yang juga berperan sebagai koordinator lomba kali ini. Kriteria penilaian meliputi logat bahasa, kebenaran bahasa, & intonasi dengan dinilai oleh 3 juri yang menilai bagiannya masing-masing.

Selain itu, lomba ini dilaksanakan atas intruksi pesantren yang diadakan setahun sekali yakni ketika akhir tahun. Untuk mempersiapkan lomba sekitar seminggu sebelum lomba kepala asrama dikumpulkan untuk diberitahu akan adanya lomba tersebut .dalam melaksanakan lomba, acara berjalan cukup lancar tetapi terdapat sedikit kendala yaitu molornya waktu dalam memulai lomba yang mengakibatkan lomba selesai cukup larut malam.

Para peserta lomba sangat bersemangat .”Antusiasme peserta kali ini meningkat dari tahun kemarin yang mana tahun kemarin hanya setengah dari seluruh asrama yang ikut serta dalam lomba kali ini sekitar 10% saja yang tidak ikut lomba”. Tutur ustaz Rizki Afifudin selaku koordinator lomba. Para supporter juga tak kalah semangatnya ketika menyoraki peserta yang maju dan ada pula yang berteriak menyemangati ada yang menurunkan mental lawannya.

Lomba Bahasa arab ini juga dilaksanakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap bahasa arab yang merupakan Bahasa alquran dan bahasa para ahli surga. Harapan dari ustaz Rizki Afifudin selaku ketua GARD “Lomba kali ini sebagai bentuk syiar dan menarik bakat para santri juga agar asrama luar tertarik mempelajari Bahasa arab di sini”. Ucapnya. Rencananya tahun besok lomba akan lebih dimeriahkan lagi.(Nzf)