:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
6 Februari 2023

Perluas Jaringan, Antisipasi Gangguan Diarea Pesantren

Sen, 6 Februari 2023 Dibaca 21x Kabar Darussalam

PONDOK PESANTREN DARUSSALAM – Meluapnya pengunjung ketika agenda-agenda haul telah dimulai, mengakibatkan lemahnya jaringan seluler se tempat. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena kuota jaringan yang semula hanya untuk masyarakat sekitar digunakan oleh ribuan pengunjung dari seluruh penjuru Indonesia. Komunikasi pun terhambat dan mempersulit panitia untuk mengodisikan acara, bahkan mengaca dari tahun-tahun sebelumnya panitia memilih Handy Talky (HT) sebagai alat penghubung dan enggan menggunakan gawai, karena dengan lemahnya jaringan seluler hanya akan mempersulit keadaan.

Oleh karena itu guna menambah daya jaringan seluler setempat, pondok pun bekerja sama dengan pihak Telkomsel Banyuwangi. Berupa pemasangan pemancar sinyal jaringan pada hari Jumat siang (04/02) di dua titik khusus, yaitu masjid lantai 2 dan di atas musala Al Haromain. Dan berfungsi memancarkan sinyal tambahan yang memiliki luas area mencangkup pondok hingga gedung pendidikan dan sekitarnya.


Alat pemancar sinyal dari Telkomsel

Pemasangan alat tersebut melibatkan 2 tim yang masing masing beranggotakan 4 orang. Tim pertama bertugas mengondisikan kabel dan kelistrikan, sedangkan tim kedua menyetel dan memasang alat. Dengan hanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam alat telah terpasang dengan sempurna, tanpa adanya kendala baik teknis maupun cuaca. Pengaktifan pemancar dimulai hari Sabtu (05/02) bertepatan dengan agenda HIMMA hingga Rabu (09/02) sore setelah haul selesai. Pengecekan ulang akan dilakukan saat hari-H untuk melihat fungsi alat tersebut bekerja dangan baik atau tidak, karena pada momen tersebut pungunjung mencapai puncak keramaiannya.

Kerjasama dengan Telkomsel ini adalah yang pertama kalinya dan berjalan dengan lancar dan mudah, juga langsung mendapatkan respond sangat baik. Bahkan tidak hanya membantu dalam segi teknis, pihak telkomsel juga bersedia menjadi sponsorship acara haul tahun ini. Alasan panitia hanya memilih telkomsel, karena melihat mayoritas pengunjung pengguna kartu telkomsel, dan untuk pengguna jaringan lain masih dirasa aman tidak terlalu banyak delay. (aca)