:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
6 Februari 2023

HIMMA Jatim ke-4 Bertuan Rumah di PonPes Darussalam Blokagung

HALAMAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM-Pada Tanggal 04 Februari 2023 M atau 13 Rojab 1444 H, Himpunan Mutakhorijin Mutakhorijat Al-Anwar (HIMMA) Sarang Rembang Jawa Tengah, Adakan shilaturrahim dan pertemuan HIMMA Jatim yang ke-4 dengan diikuti oleh Seluruh alumni Al-anwar se-Jawa Timur di Pondok Pensantren Darussalam Blokagung, yang lebih tepatnya bertempat di halaman barat ndalem K.H. Mudhofar Sulthon.

Acara ini dihadiri lebih dari 1000 orang terdiri dari alumni laki-laki dan alumni perempuan, semua ini hanya perwakilan saja dari setiap kabupaten, tidak keseluruhan alumni ikut hadir dalam acara ini. Adapun acara ini dihadiri masyayikh dari pondok Al-Anwar sarang dan masyayikh pondok pesantren Darussalam Blokagung.

Mengenai rangkaian acara dan persiapan semua sudah diatur oleh bapak ibu panitia alumni Ponpes Al-Anwar dan panitia pelaksana Haul Masyayikh Blokagung, dengan rangkaian acara yang diawali oleh Master Of Ceremony (MC) dari bapak Hamdan Maktub selaku salah satu Pengurus KORDA HIMMA Jember.

Lalu dilanjutkan dengan fati¬hah pembuka oleh Syaikhina Dr. KH. Abdul Ghofur MZ. M.A yang juga salah satu Dewan Pengasuh PP. Al Anwar Sarang Rembang Jawa tengah, Ketua STAI Al Anwar & Rois Syuriyah PBNU, lalu disambung sambu¬tan pengasuh pondok pesantren Darussalam oleh KH. Ahmad Hisyam Syafa’at.

Setelah sambutan penga¬suh dilanjutkan acara inti yaitu pengajian kitab Al-Hikam oleh seluruh Masyayikh PP. Al-An¬war, dibuka oleh Syaikhina KH. Abdullah Ubab MZ dan diakhiri dengan pembacaan sanad lalu do’a oleh beliau sendiri, kemu¬dian acara ditutup oleh MC dan diakhiri oleh bapak Moch. Aly Bisri dengan pembacaan Syi’ir Sa’duna dan Mushofahah yang mana syi’ir ini adalah karangan dari almarhum KH. Maimoen Zubair. Untuk ijazahan sanad kitab al-hikam dikuti oleh selu¬ruh tamu undangan yang hadir, dan juga para santri yang mengi¬kuti pengajian kitab al-hikam yang bertempat didalam pondok masing-masing.

Acara dimulai pada pukul 12:30, tapi karena acara awal yai¬tu seminar fiqih siasah dan fiqih kebangsaaan yang bertempat di masjid lantai 2 sedikit molor sampai jam 13:00, jadi acara ini dimulai pada jam 14:00 setelah para alumni istirahat, sholat dan makan (ISHOMA), dan acara ini berakhir pada jam 16:30 sore. “Alhamdulillah sesuai target, rasanya sangat marem dan untuk undanganya juga melebihi yang di bayangkan, mulanya dise¬diakan 800 kursi ternyata yang hadir lebih dari 1000 orang jadi dari panitia sangat marem den¬gan acara ini” ucap Bpk. Abdul Latifil Ansori saat di wawancara.

“HIMMA yang ke-4 kali ini diadakan di ponpes Darussalam karena melihat tempat yang lebih memadai” ujar Bu Lutfi se¬bagai salah satu alumni Pondok Pesantren Al-Anwar yang berasal dari Tegaldlimo Banyuwangi. Ini memang acara rutinan setiap tahun, untuk acara pertemuan HIMMA yang pertama diadakan di Jombang, yang ke dua, diada¬kan di Malang, dan acara yang ke tiga diadakan di Pamekasan, Madura.(DV/AGS)