:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
19 Februari 2023

Ribuan Orang Hadiri Pengajian Haul Masyayikh Ke-33

Ming, 19 Februari 2023 Dibaca 6x Kabar Darussalam / kegiatan darussalam

KAMPUS PUTRA – Semua orang telah lega rasanya, kini acara yang ditunggu-tunggu telah tiba. Setelah banyaknya tentatif acara haul beserta persiapannya yang cukup melelahkan, akhirnya pada tanggal 08 Februari/17 Rojab 1444 H Haul Masyayikh K.H. Mukhtar Syafaat ke-33, NY.HJ. Siti Maryam Syafaat ke-41, NY.HJ. Siti Musyarofah Syafaat ke-24 di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi 2023 dapat terlaksana juga.

Pengajian Haul Masyayikh di mulai pada pukul 07:30, dengan pembawa acara adalah alumni Pondok Pesantren Darussalam pada tahun 2009 yakni ustaz Ahmad Ali Wafa S. Sos.I., M.Ag dari Pondok Pesantren Assunniah Karangtemplek Andongsari Ambulu Jember dan yang sebelumnya di mulai dengan pra acara dari grup hadrah Liwa’ul Muridin.

Acara tersebut di awali dengan pembacaan surat Alfatihah yang di khususkan untuk para masyayikh yang dipimpin oleh K.H. Hasan Toha. Selanjutnya pembacaan ayat suci alquran yang dibacakan oleh Kiai Jazuli Thalib, alumni Pondok Pesantren Darussalam tahun 1997. Beliau adalah Pembina kafilah MTQ Kendal Jawa Tengah dan Yayasan Hidayatul Mubtadiin. Dilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil yang dipimpin oleh K.H. Abdul Hadi yang statusnya beliau adalah alumni tahun 1988, dan pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Cilongkok Panusupan Banyumas Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dzikrussyafa’ah oleh Al Mukarrom K.H. Muhammad Hasyim Syafaat, pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung.

Setelah itu mahalul qiyam yang dibawakan oleh grup liwa’ul muridin dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung yaitu K.H. Aly Mahfudz Syafaat. Sambutan kedua dibawakan oleh alumni Pondok Pesantren Darussalam oleh K.H. Mudkholul Huda alumni tahun 1976, beliau adalah pengasuh PP. Miftahul Ulum Toabo Tokolong Mamuju Sulawesi Barat. Selanjutnya yakni testimoni yang disampaikan oleh K.H. Arifin Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Cipawon Purbalingga Jawa Tengah, alumni tahun 1981. Kemudian dilanjutkan dengan mauidzah hasanah.


Sedangkan mauidzah hasanah yang pertama disampaikan oleh Dr. Sayyid Ammar Azmi Ar Rafati Aljaelani Alhasani. Beliau adalah imam besar masjid Al Aqsha Palestina, dan Dzuriyyah Syekh Abdul Qadir Al Jaelani Ke-27 dengan penerjemah K.H. Abdillah Mukhtar pengasuh Pondok Pesantren Robithotul Islam Genteng Banyuwangi. Mauidzah hasanah ke dua disampaikan oleh almukarrom K.H. Achmad Chalwani Nawawi Pengasuh Ponpes An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo Jawa Tengah. Acara pemungkas yakni pembacaan do’a yang dipimpin oleh K.H. Hasan Toha Pengasuh Pondok Pesantren Darul Maghfur Al-Khotiby Srono Banyuwangi, beliau adalah alumni Pondok Pesantrem Darussalam tahun 1996. Semua susunan acara selesai disampaikan oleh pembawa acara sekitar pukul 12:30 WIB.

Acara haul kali ini dihadiri oleh ribuan pengunjung mulai dari Al Adab dan wali santri dari seluruh daerah di Indonesia pada berdatangan guna mengikuti pengajian Haul Masyayikh di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Acara berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, yang biasanya jika pada waktu sebelumnya cuaca tidak begitu mendukung yang diguyur dengan hujan deras, tapi kemarin saat acara haul berlangsung tidak ada tandatanda hujan turun, namun saat acara berakhir hujan langsung turun begitu deras. (PI)

Artikel Lainnya