:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
3 Januari 2024

Evaluasi Perdana Ihfad Untuk Menambah Semangat Para Peserta

Rab, 3 Januari 2024 Dibaca 13x Lain-Lain

MADRASAH LANTAI 2 – Guna untuk mengetahui kemampuan para peserta, IHFAD (ittihadul huffadz Darussalam) mengadakan evaluasi perdana-nya pada Malam Jum’at (01/08) Ba’da Isya’ sampai -dengan selesai. Evaluasi perdana kali ini diikuti oleh peserta IHFAD mulai dari jilid 1 (Ikhtisor Nahwiyyah), jilid 2 (Matan Jurumiyyah), dan jilid 3 (Al – Imrithi). Untuk IHFAD jilid 4 (Alfiyah Awal) dan jilid 5 (Alfiyah Tsani) tidak diadakan di bumi Darussalam dalam evaluasi perdana ini karena masih belum maksimal pembelajarannya, ”insyaallah pada evaluasi berikutnya IHFAD jilid 4 dan 5 bisa diikut sertakan” ujar Ust. Hanif selaku ketua IHFAD.

Dikarenakan jumlah peserta IHFAD tahun ini lebih banyak daripada tahun tahun sebelumnya, tahun ini terhitung peserta IHFAD berjumlah kurang lebih 500 peserta, yang mengakibatkan tempat evaluasi perdana ini dikelompokan menjadi 3 tempat, yaitu: Madrasah Barat lantai 2 untuk IHFAD jilid 1 dan 3, sedangkan ruang B.04 dan Aula Bahjatul Ulum atau Garansi lantai 3 digunakan untuk IHFAD jilid 2.

Para penguji ini diambil dari Ustadz masing masing jilid. Total penguji dalam evaluasi kali ini yakni berjumlah 45 penguji terdiri dari 10 penguji IHFAD jilid 1, 18 penguji IHFAD jilid 2, dan 17 penguji untuk IHFAD jilid 3.
Evaluasi perdana ini memfokuskan pada nadzoman, murod nadzom, dan contoh. Jadi para peserta yang mengikuti evaluasi ini dituntut harus bisa menjawab soal soal yang dilontarkan para penguji terkait nadzom, murod nadzom, dan contoh. Hal ini juga merupakan kriteria penilaian dari evaluasi ini. Pengumuman hasil evaluasi ini akan dilaksanakan 1 minggu setelah evaluasi ini selesai atau lebih tepatnya pada Malam Selasa (11/09) selanjutnya.

Para peserta IHFAD sebelum melaksanakan evaluasi diharuskan memenuhi BBT (blangko bebas tanggungan). Di dalam BBT ini berisi beberapa kolom antara lain: kolom pembayaran, keaktifan, dan setoran. BBT ini sudah disebarkan kepada peserta IHFAD sejak 2 minggu sebelum evaluasi dimulai, pembagian jauh-jauh hari ini supaya para peserta bisa memenuhi BBT ini. Pengisian kolom setoran bisa diisi Ketika BBT ini disebarkan, untuk setoran-nya bisa dilakukan pada pembimbing masing masing sedangkan kolom keaktifan dan pembayaran itu bisa di penuhi 3 hari sebelum evaluasi di mulai.

“Evaluasi berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan, karena koordinasi dari kepanitian bagus”. ujar ust.Hanif. Harapan dari beliau mengenai evaluasi ini adalah ‘’semoga evaluasi kali ini menjadi sababiyah para peserta IHFAD lebih semangat mengikuti IHFAD dan semangat mengaji kitab-kitab kuning supaya kelak bisa meneruskan jejak para ulama’ salaf terdahulu”. (MHA)