:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
11 Januari 2024

Madrasah Diniyyah Adakan Tes Kitab Guna Mengevaluasi Kemampuan Para Santri

Kam, 11 Januari 2024 Dibaca 22x Lain-Lain

Kampus Putra – Madrasah Diniyyah Al-Amiriyyah adakan tes kitab guna untuk mengevaluasi kemampuan Talamidz apakah sudah memenuhi target yang di tentukan oleh pengurus Diniyyah atau belum. Tes kitab tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, tahun kemarin Talamidz ketika tidak lulus tes kitab (her), maka untuk mengulangi tes kitab tersebut talamidz melakukan tes ulang kepada mustahiqnya. Namun dilihat dari evaluasi tahun kemarin kurang maksimal, maka tahun ini para talamidz yang mengulangi tes kitab, mengulanginya kepada penguji tes kitab masing-masing, tetapi jika penguji tersebut berhalangan untuk mengujinya kembali, maka bisa dikembalikan kepada mustahiqnya masing-masing, dengan syarat Talamidz harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada panitia.
Agenda Tes kitab ini masih dimaksimalkan di pondok induk saja, untuk waktu pelaksanaanya yaitu ketika waktu takror, kecuali talamidz yang mengabdi (NEGARAN) atau talamidz yang diniyyahnya bertempat di Gedung Pendidikan. Untuk waktu tes kitab bagi talamidz pondok induk dimulai pada hari Sabtu (02/09) sampai hari Rabu (07/09).
Tes kitab ini bertempat di Masjid Darussalam lantai 1 dan 2 bagi talamidz pondok induk, Darussalam Timur (DARTIM) bertempat di Masjid Darussalam timur, Darussalam Tengah (DARTENG) bertempat di Mushola Al Haromain Darussalam tengah, Madrosatul Qur’an untuk talamidz asrama Al Munawwir bertempat di asramanya. Jumlah talamidz yang mengikuti tes kitab ini ada sekitar 5600 Talamidz Madrasah Diniyyah putra dan putri. Tes kitab ini diketuai oleh Bapak Mahrus Aly.
Penguji sendiri diambil dari dewan mustahiq, munawib serta dibantu oleh maha santri dari ma’had aly semester 3 yang sudah mutakhorijin dan juga mutakhorijin yang tidak mendapat mandat menjadi mustahiq atau munawib.
Kriteria penilaian tes kitab tahun ini, kelas 1 dan 2 ula meliputi; bacaan, kelancaran dan tanya jawab, untuk kelas 3 ula sampai 2 ulya meliputi; bacaan, murod, kepahaman maqro’, dan juga tanya jawab nahwu sorof. (Fhm)