:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 18 Apr 9881
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
1 Desember 2015

Lomba Sebagai Evaluasi Kegiatan Asrama

Sel, 1 Desember 2015 Dibaca 9x Kabar Darussalam

FL-B Berbenturan dengan Jum’at Legi

Malam jum’at legi merupakan agenda khusus pondok pesantren Darussalam yang memang di agendakan untuk kegiatan sholawat bersama yang diikuti oleh seluruh santri pondok pesantren Darussalam yang menempat dimasjid lantai satu, semua asrama tampak sepi tak berpenghuni, dikarenakan semua santri telah dilarikan kedalam masjid untuk mengikuti kegiatan sholawat bersama. Berbeda dengan asrama al fajar yang menempat dibarat masjid tampak masih dipenuhi oleh warga asrama mengenakan baju putih tengah berkumpul diasrama al fajar lantai dua guna untuk mengikuti pembukaan lomba FL-B (Festifal Lomba Asrama B) yang dihadiri langsung oleh Ustad Agus Izza Fawaid ketua pondok pesantren Darussalam, dalam sambutannya beliau sangat mendukung akan adanya kegiatan FL-B, karena dengan diadanya kegiatan seperti ini dapat menambah minat belajar santri dan sebagai evaluasi belajar diasrama.
Festifal Lomba Asrama B atau yang dikenal dengan FL-B adalah salah satu gebrakan baru yang diadakan oleh asrama al fajar agar dapat mengetahui sejauh manakah pelajaran yang diterima oleh warga asrama alfajar selama 4 bulan, mulai dari sorogan kitab kuning, murotal al qur’an, pidato dan yang lainnya. Kegiatan FL-B ini senggaja diadakan setelah daur awal karena untuk mengisi waktu luang dan agendanya FL-B ini akan terus berjalan setiap setelah diadakanya daur.
Untuk lomba yang pertama kali adalah lomba Mushabaqoh Qiro’atul Kutub (MQK) mulai dari kelas satu ula sampai 1 wustho, adapun untuk kelas 1 ula yaitu kitab awwalu, 2 ula kitab safinah, 3 ula kitab taqrib awal, 4 ula kitab taqrib tsani dan 1 wustho kitab fathul qorib, kesemuanya lomba kitab tersebut menempat dikamar B01 sampa B06. Meskipun berbenturan dengan kegiatan sholawat bersama dimasjid, lomba baca kitab kuning tersebut tetap berjalan dan dimulai setelah acara Grand Opening FL-B dan berakhir sampai jam 10 Wis, semua peserta lomba baca kitab kuning tampak antusias dalam mengikuti lomba baca kitab tersebut, hingga warga asrama yang tadinya kurang aktif mengikuti sorogan kitab kuning karena ditunjuk untuk mewakili kamar mejadi mau sorogan kitab kuning. “yo ngeneki, sekali-kali diadakno lomba moco kitab, bene arek-arek tambah semangat lek sorogan ora gor wayahe AHSAN tok lek ngadakno lomba” cetus salah satu peserta lomba kitab kuning.
Lantunan lagu sholawat mulai hening setelah ditutup dengan do’a bersama semua santri pondok pesantren Darussalam tampak berduyu-duyun kembali keasramanya masing-masing, sepertihalnya warga asrama al fajar yang sudah menunggu lama untuk segera mengikuti dan menyaksikan lomba FL-B asrama al fajar. Adapun untuk lomba FL-B selajutnya yaitu lomba Mushabaqol Tilawatil Qur’an (MTQ), Mushabaqoh Murotal Qur’an (MMQ) dan lomba Adzan, untuk lomba Adzan dan MTQ menempat diteras asrama al fajar atas dan untuk lomba MMQ menempat di teras al fajar bawah. Selama lomba adzan berlangsung seluruh warga asrama tampak khidmat mendengarkan masing-masing delegasi kamarnya dan memberikan sorak-sorak ketika suaranya terdengar bagus dan halus.
Kegiatan lomba FL-B yang ketuai oleh bapak M Abdul Aziz tersebut dapat dikatakan berjalan lancar meskipun sebelumnya panitia lomba tampak was-was karena berbenturan dengan jum’at legi yang kegiatannya adalah sholawat bersama. “gimana ini kok bisa bersamaan dengan jum’at legi, tadi sore Pak syukur juga sempat datang keasrama menginformasikan bahwasanya lombanya ditunda nanti setelah sholawatan” setelah bermusyawarah bersama, bahwasanya lombanya tetap berjalan setelah isya’ namun hanya lomba MQK saja dan untuk lomba yang lainnya diadakan setelah kegiatan sholawat selesai.(ofy)