:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Sabtu, 19 Apr 9986
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
8 Mei 2016

UPACARA HARDIKNAS TEGALSARI SENTRAL DI DARUSSALAM

Ming, 8 Mei 2016 Dibaca 6x Jendela Nusantara

UPACARA HARDIKNAS TEGALSARI SENTRAL DI DARUSSALAM

DSC_0292

Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan Pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani (“di belakang memberi dorongan”), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

DSC_0326

Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Tak ketinggalan para siswa di kecamatan tegalsari memperingati itu dengan Acara Upacara Rutinan menjadi upacara besar-besaran kali ini berjalan dengan lancar kemarin (02/05)Yang dihadiri oleh menteri Pendidikan Nasional, KH. Abdul Kholik Syafa’at, Polisi Tagalsari, Satpol PP Tegalsari, dan dihadiri para siswa-siswi  dari SMP Plus Darussalam, MTs. Al- Amiriyyah, SMPN Tegalsari 1, SMK Darussalam, SMA Darussalam, MA Al- Amiriyyah, IAIDA dan sekolah yang berdomisili di Tegalsari.

Upacara kali ini beda dengan upacara tahun kemarin, upacara kemarin bertempat di lapangan Tegalsari.
Sebelum Upacara dimulai disambut oleh Drum band SD Darussalam, disertai dengan Kesehatan keliling dari Unit SMK Darussalam, juga dari paduan suara campuran dari Yayasan Pondok Pesantren Darussalam.(alk)