:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Jumat, 19 Apr 3630
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
9 Desember 2016

Sholat di Hari Rabu Wekasan Sudah Menjadi Adat Santri

Jum, 9 Desember 2016 Dibaca 10x Kabar Darussalam

Sudah menjadi adat setiap Tahunnya Santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung melakukan sholat berjamah pada Hari Rabu Wekasan. Seperti tadi pagi (30/11) setelah ada intruksi dari pengasuh untuk melakukan sholat, maka seluruh santri bersama-sama menuju Masjid untuk melaksanakan sholat Rabu Wekasan.

Seperti yang diketahui Hari Rabu wekasan adalah hari paling akhir dalam Bulan Safar, di mana pada hari ini Allah akan menurunkan 300 Ribu jenis bala’ di muka bumi.
Gimana apakah masih kurang mengerti tentang Rabu Wekasan?, kalau belum jelas coba baca kalimat berikut ini. Dalam satu bulan Safar, ada empat hari Rabu. Nah, hari rabu yang terakhir di bulan Safar inilah disebut rabu wekasan. Istilah ini dikenal di kalangan umat muslim di Jawa dengan ejaan “Rebo Wekasan”.

Sekitar jam 07:00 WIS seluruh santri melaksanakan sholat, di mana setiap rakaat setelah al-Fatihah membaca surat Al-Kautsar 17 kali lalu surat Al-Ikhlas 5 kali, surat Al-Falaq dan surat An-Naas masing-masing sekali, lalu setelah salam membaca do’a. Sampai menjelang BEL masuk sekolah sholat dilaksanakan, setelah itu pengurus menyediakan air yang sudah diberi tulisan rajah untuk diminum semua santri dan masyrakat sekitar pondok. Meski tidak diimami langsung oleh KH. Muhammad Hasyim Syafa’at dikarenakan beliau masih menjalakan ibadah umroh tidak mengurangi khidmat santri untuk melaksanakan sholat pada hari ini. (dkn)

Artikel Lainnya