:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Kamis, 20 Jun 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
3 Januari 2024

Kenang 4 Tahun Berdirinya, Asrama Al Anwar Adakan Harlah

Rab, 3 Januari 2024 Dibaca 397x Lain-Lain

DARUSSALAM TIMUR – Asrama Al-Anwar adalah asrama yang berada di pondok pesantren Darussalam Timur, Asrama yang dikhususkan bagi santri yang belajar IHFAD ini berdiri sejak 2019. Asrama Al Anwar terletak di pondok pesantren Darussalam Timur di lantai 2 atasnya kantor Pesantren Dartim.

Asrama Al Anwar, Kamis (31/08) kemarin melangsungkan HARLAH Asrama yang ke 4. Harlah ini bertempat di masjid lantai 1 Dartim dengan di ikuti seluruh santri. Acara ini dilangsungkan Ba’da Isya tepat. Harlah yang diadakan untuk memperingati kelahiran asrama Al Anwar dilangsungkan dengan meriah bersama seluruh santri dan pengurus pondok pesantren Dartim.

Selain para santri, panitia juga mengundang tamu yakni Kepala Pesantren & Kepala Madrasah Diniyyah Dartim, beserta jajaran pengurusnya, seluruh Kepala Asrama dari Pondok Dartim, dan perwakilan pengurus pesantren, Pondok Induk. Selain itu, Agus Mukhtar Nabali atau yang kerap dipanggil Gus Nabil juga turut diundang dalam acara tersebut.

Pengambilan Masjid lantai 1 Dartim sebagai lokasi harlah, selain karena memiliki lokal yang luas juga karena Aula asrama tersebut masih kotor. Bapak Shiddiq Purnomo Koordinator pondok pesantren Dartim juga mengarahkan ketika melakukan acara-acara agar dilaksanakan di Masjid.

Panitia pelaksana harlah ketika diwawancarai mengatakan, “Meskipun asrama Al-Anwar yang memperingati Harlah asrama, namun kebanyakan pesertanya merupakan warga asrama selain Al Anwar”. Peserta Harlah ini adalah semua warga asrama dari pondok Dartim meliputi asrama Al Anwar, Al Ahgof, Al Firdaus, dan Al Hambran. Namun karena Harlah beretepatan dengan Evaluasi IHFAD di pondok Induk menyebabkan Sebagian warga asrama tidak bisa berpartisipasi dalam acara tersebut.

Panitia acara harlah asrama Al Anwar mengatakan, “Harlah asrama Al Anwar sebenarnya tanggal 4 Agustus kemarin bertepatan dengan ulang tahun pengasuh pondok Dartim, KH. Ahmad Munib Syafa’at”. Awalnya harlah mau diselenggarakan tanggal 4 Agustus kemarin, bertepatan dengan ulang tahun pengasuh pondok pesantren Dartim KH. Ahmad Munib Syafa’at, namun karena tanggal 4 Agustus itu kegiatan Agustusan sangat banyak, maka harlah di undur menjadi Jumat kemarin tanggal 31 Agustus. Hal ini juga mempertimbangkan dengan acara triwulan asrama Al Anwar.

Sebelumnya, asrama Al Anwar juga melakukan serangkaian lomba-lomba untuk memeriahkan harlah. Lomba tersebut meliputi; lomba futsal, estafet ghoib, baca kitab taqrib, lomba kiw-kiw, lomba khutbah dan terakhir lomba kebersihan kamar. Selain mengadakan lomba, asrama juga mengadakan berbagai kegiatan sebelum harlah meliputi; Pembacaan Hizib Nasar, Pembacaan 1000 Al Fatihah, dan juga Ziarah Maqom. Berbagai lomba dan kegiatan yang dilakukan sebelum harlah tepatnya mulai hari Jumat sampai Kamis (31/08) berfungsi agar harlah semakin meriah juga agar menunjukkan ke asrama yang lain bahwa asrama Al Anwar ini juga aktif dalam kegiatanya.

Rundown Harlah Al Anwar kemarin dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan Pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Saudara Nida’ud Dawa yang juga merupakan warga asrama Al Anwar. Setelah ayat-ayat suci Alquran dibacakan, sambutan-sambutan dari tetua Dartim yakni; Sambutan dari Bapak Shiddiq Purnomo, Kepala Asrama Al Anwar Bapak M. Tegar Wahyu Ilmi dan yang terakhir sambutan dari Agus Mukhtar Nabali atau biasa dipanggil Gus Nabil. Tumpeng juga turut diberikan sebagai peringatan harlah asrama Al Anwar yang ke-4 ini. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh kepala asrama Al Anwar yakni Bapak Nur Alvi Sahrin. Pemotongan tumpeng juga sebagai simbol agar kedepanya asrama Al Anwar menjadi asrama yang lebih lagi.

Guna menyukseskan acara, panitia mempersiapkannya 2 hari sebelum harlah. Ketua Panitia acara harlah ini adalah Saudara Nur Alvi Sahrin. Dikarenakan persiapanya yang sangat mepet tersebut ada beberapa kendala yakni salah satu tamu undangan ada yang tidak hadir. Selain tamu undangan ada yang tidak hadir, perlengkapan juga tidak memadai.
Harapan dari panitia “Semoga asrama Al Anwar selalu menjadi asrama yang Istiqomah dalam menjaga dan mengayomi warganya terkhusus IHFAD-nya”. (Nzf)