:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 20 Mei 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
10 November 2023

Sambut 10 Muharram dengan Bazar dan Kunjungan Santriwati

Jum, 10 November 2023 Dibaca 61x Lain-Lain

Kampus Putra–kunjungan santri putri ke kampus putra merupakan salah satu kegiatan tahunan yang di adakan oleh pondok pesantren Darussalam blokagung, kegiatan ini pasti dilaksanakan pada setiap tahun nya untuk untuk menyambut bulan muharom bulan yang mempunyai banyak keistimewaan lebih lebih pada tanggal 10 muharom. Kunjungan tahun ini di laksanakan bertepatan pada hari kamis malam juma’at (28/07).

Alur kunjungan ini Sebelum seluruh santri putri memaasukki kampus putra, para pengurus putri meliputi keamanan, pesantren, diniaah, dan para dewan juri lebih dahulu masuk kekampus putra untuk melaksanakan proses penilaian dan sekaligus mengechek ada barang barang yang berharga yang di tinggalkan oleh para santri putra engak, agar tidak diambil oleh santri putri. Nawaning pondok peasntren Darussalam juga ikut andil menjadi dewan juri untuk penobatan asrama terbaik. Penilaian dilaksanakan selama 15 menit, setelah penilaian selesai seluruh santri putrid baik itu dari utara maupun selatan dan kanak-kanak putri masuk kedalam kampus putra. kunjungan ini dilaksanakan pukul 20.30 sampai pukul 22.00 WIB

Asrama di pondok pesantren dibagi menjadi 3 kereterian penilaan yaitu asrama tipe A,asrama tipe B dan asrama tipe C. asrama tipe A merupakan asrama yang memiliki fisik bangunan yang besar semisal asrama al ghozali dan asrama al hikmah, untuk asrama yang bertipe B merupakan asrama yang memiliki fisik bangunan yang lebih kecil dari asrama tipe A, seperti contoh asrama al musyarokah, asrama al ukhuwwah dan lain sebagainya, asrama tipe C merupakan asrama yang berada diluar pondok induk seperti asarama darusssalam timur, multazam, bir aly, dll.

Kriteria penilaian asrama yang bisa dikatakan menjadi juara dalam kunjungan ini meliputi kebersihan, kerapian, kekereatifan, dan keindahan. Sudah ada beberapa nama yang berhasil menjadi jawara pada kunjungan tahun ini yaitu asrama yang bertipe A juara pertama di raih oleh asrama al hidayyah, juara 2 asrama barokah Dan juara 3 asrama al falah, sedangkan asrama yang bertipe B juara 1 yaitu asrama Al uluwiyyah , juara 2 asrama khoriyyah Dan juara 3 asrama al musyyarokah, dan asrama tipe C yaitu asrama al multazam, diasrama tipe C hanya diambil 1 juara karena sedikitnya peserta yang mengikuti dan sedikitnya asrama yang berada di luar pondok induk.

Bukan hanya di GP (Gedung pendidikan) yang ada bazar untuk santri putra, didalam pondok juga ada bazar untuk santri putri yang hanya ada 5 buah stand toko dan di tambah kantin pondok dan toko ausath mart yang emang sudah di dalam kampus putra. Kenapa kok didalam kampus putra bazar atau stand toko lebih sedikit tinimbang yang ada di GP, hal ini dikarnakan para santri putri biar lebih menikmati asrama-asrama yang telah di renofasi oleh santri putra. Tidak hanya ada bazar didalam kampus putra ketika kunjungan berlangsung ada juga panggung podcast yang diisi oleh seorang artis banyuwangi yakni galuh dinata.

Seperti tahun tahun lalu santri putri selalu antusias dan senang hati menyambut kunjungan ini. Karena ini adalah Satu satunya kesempatan bagi santri putri untuk masuk kedalam kampus putra dan dikarnakan santri putra merenofasi asrama secantik mungkin yang membuat mata dari orang melihatnya terbelalak mempesona, ada yang asramanya disulap menjadi tempat karokean ,ada juga yang diubah menjadi café estetik, dan bahkan ada asrama yang disulap menjadi tempat seperti ingin melaksanakan akad pernikahan.

Selain untuk memperingati hari 10 Muharrom kunjungan ini juga bertujuan agar santri putra mau dan lebih semangat dalam merenovasi asramanya, karena jikalau tidak di adakannya kunjunagn ini mungkin para santri putra enggan untuk merenovasi asaramanya sendiri.(HIL)