:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
31 Desember 2023

Farewel party Tampil Beda dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan

Ming, 31 Desember 2023 Dibaca 2x Lain-Lain

RUANG B4 – Malam Jumat kemarin bertepatan pada hari jadi negara kita yaitu tanggal (17/08) asrama Al-Musyarokah telah usai melaksanakan acara Farewel party. kata farawel dalam kamus OXDFORD memiliki makna seperti good bye yang artinya selamat tinggal atau perpisahan sedangkan kata party memiliki arti pesta atau berpesta. Jadi secara Bahasa Farewel party adalah pesta perpisahan. Didalam Al-Musyarokah atau Esada Course Farewel party merupakan sebuah adat yang dimiliki Esada Crouse yang dilaksanakan 3 bulan sekali yang mana diperuntukan bagi para member yang telah usai menempa pendidikan Bahasa inggris di asrama Al-Musyarokah selama 9 bulan lamanya. Dalam farawel kali ini Esada Course telah meluluskan 10 member yang dahulu kala ketika awal masuk berjumlah 14 member. Itu adalah sebuah hal yang wajar ketika memperjuangkan sesuatu pasti ada saja orang yang harus gugur di tengah-tengah medan perang.

Acara ini dihadiri oleh seluruh tutor dan member Esada Crouse meliputi tiga kelas yakni basic, intermediate, advance dan new member yang 5 hari sebelumnya sudah mendaftar dan diterima. Nantinya merekalah yang menggantikan member advance dikemudian hari. Serta beberapa tamu undangan antara lain perwakilan dari gawagis yakni Agus Mukhtar Nabali Muhammad, perwakialan alumni Mr. Kharisma Galuh Adji Nur Islam, tuan rumah PPL member advance yaitu bapak Faiz Haris Maulana dan dewan musrif Mr. Toni Arianto.

Farewel party kali ini mengusung tema ala-ala ke jepang-an, lebih tepatnya suasana kota Tokyo di malam hari, terbukti dalam acara ini mengunakan dekorasi bambu-bambu, pohon sakura , benernya pun berdesain suasana kota Tokyo dimalam hari serta semua member advance class yang diwisuda menggunakan baju khas bangsa jepang yang bernama kimono.

Acara dibuka dengan perfom dari member basic dengan mempersembahkan puisi berantai yang hanya diwakili tiga member saja. kemudian acara dibuka oleh master of ceremony (MC) yakni saudara Rizki Imam Syahputra berbahasa Inggris dan Radit Eko Prayudi yang menggunakan Bahasa Indonesia, setelah itu pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh perwakilan dari member intermediate class yaitu saudara Reza Fahlefi. Dilanjutkan sambutan-sambutan, untuk sambutan pertama yaitu dai perwakilan wisudawan dari advance class yaitu saudara riski Kurniawan yang berisi permintaan maaf ketika selama menempat diasrama Al-Musyarokah mempuyai kesalahan yang membuat hati para tutor dan seluruh warga asrama tersakiti, dilanjutkan sambutan dari Mr. Toni Ariyanto, kemudian sambutan ketua ESADA Mr. Ahmad Alfarizi.

Masuk pada inti acara yaitu prosesi wisuda Farewel party 2023. Didalam inti acara ada beberapa prosesi antara lain Iktibar, Pembagian Sertifikat, perfom dari advance yakni menampilkan lagu dan pesan-pesan terindah selama menjadi member di kursusan itu, dilanjutkan dengan Pembaiatan menjadi alumni ESADA. Setelah prosesi selesai ada Mauidutul Khasanah yang disampaikan oleh Agus Mukhtar Nabali Muhammad. Setelah itu pengumuman the best member dan the best memoriez vocabularies dari seluruh class yang dipimpin oleh Mr. Reza Febrianto. Ada juga pemberian cindramatayang diberikan oleh member advance kepada tutor kamar mereka yakni Mr. Ridho Pratama Putra. Acara ditutup dengan doa dari Mr. Najib Ali Wafa, dan diakhiri perfom dari member intremendiete class, perfom kali ini member intermediate tampil beda yang biasanya dengan mempersembahkan perfom lalaran khas Esada Course yang selalu di dilantunkan setiap ba’da subuh.

Acara Farewel party ini sudah disiapkan sejak satu bulan sebelumya. Berawal dari pembentukan panitia, penentuan tema farawel, dll. Untuk pesiapan lebih matangnya itu dilaksanakan 2 minggu sebelumya. Farewel party kali ini berjalan sukses 85¬¬% yang mempuyai beberapa kendala salah satunya adalah tamu undangan yang tak menentu. Farewel party bukan akhir bagi mereka melaikan awal dari mereka menyebarkan ilmu ke inggris-an yang telah didapat di asrama Al-Musyarokah, karena seperti yang didawuhkan oleh gus nabil dalam Mauidotul Khasanah bahwasannya ilmu Bahasa Inggris merupakan ilmu 1 tingkat dibawah ilmu keagamaan. (MHA)