Selama Libur Pesantren, PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU LIBUR :: Segala Bentuk Sumbangan Dapat Disalurkan ke Rekening US Dollar Ponpes Darussalam di Bank Muamalat Capem Genteng No. Rekening 7320003209 ::
MTs Al Amiriyyah

Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah (MTs) Blokagung adalah salah satu dari sekian unit pendidikan yang ada pada naungan Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi yang merupakan anggota KKM MTs Negeri Sambirejo. Yayasan Pondok Pesantren Blokagung mempunyai beberapa Unit pendidikan mulai TK sampai dengan Perguruan Tinggi yang ikut dua Departemen, yaitu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Departemen Agama. Yang mengikuti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang berciri Darussalam seperti : SD Darussalam, SLTP Darussalam, SMK Darussalam. Sedang yang mengikuti pada Departemen Agama Berciri Al Amiriyyah seperti : MTs Al Amiriyyah, MA Al Amiriyyah, Madrasah Diniyah Al Amiriyyah.

 

MTs Al Amiriyyah berdiri sejak tanggal 02 April 1968, dengan demikian sampai saat ini kurang lebih sudah berusia 37 tahun. Dan MTs Al Amiriyyah merupakan salah satu MTs swasta terbesar siswanya di Banyuwangi dengan jumlah kurang lebih 721 Siswa, yang terbagi dalam 15 kelas (rombongan belajar) pada tahun 2005-2006.

Sejak berdirinya MTs Al Amiriyyah sampai tahun 1980 masih mengikuti Program Kurikulum Madrasah Diniyah (Madrasah yang ada di Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi), siswa-siswi dalam proses belajar mengajar terpisah antara Putra dan putri dan seragamnya masih ala pondok pesantren yang menggunakan sarung dan sandal, materi pelajaran bercampur antara materi yang berasal dari Departemen agama dengan materi dari Diniyah Pondok Pesantren. Namun seiring dengan perkembangan zaman, situasi dan kemajuan teknologi, situasi berubah dan berkembang, baik dibidang proses belajar dan kerapian serta ketertiban belajar dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM).

 

Kepemimpinan MTs Al Amiriyyah tahun 1979 sampai dengan 1982 di pimpin oleh KH. Ahmad Hisyam Syafaat, S.Sos.I Sebagai kepala Sekolah. Pada tahun 1981/1982 MTs Al Amiriyah dengan perhatian Departemen Agama yang membina dan mengembangkan pendidikan yang ada di dalam Pondok Pesantren, sejak itu MTs Al Amiriyyah mengikuti Kurikulum Departemen Agama, sekaligus peserta didik dapat mengikuti Ujian Negara.

 

Departemen Agama dengan segala perhatiannya pada tahun 1981 mengirim bantuan guru ke MTs Al Amiriyyah, beliau adalah Bapak Djoko Supriono, S.Ag. M.PdI yang dinasnya terhitung 1 Agustus 1981 dengan SK. KA DEPAK Kabupaten Banyuwangi Nomer Mn. 26/1a/Agustus/81. mulai tahun 1983/1984 dipercaya sebagai Kepala Sekolah MTs Al Amiriyyah oleh Yayasan Pon pes Darussalam Blokagung Banyuwangi sampai dengan tahun 1994, kemudian beliau ditugaskan di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah, kepala sekolah MTs Al Amiriyyah di tugaskan pada Drs. M. Khozin Kharis 1994 sampai tahun 2000. Kemudian pada tahun 2001 beliau di tugaskan di MA Al Amiriyyah dan Kepala MTs Al Amiriyyah pada tahun 2001 sampai 2008 di kepalai oleh Drs. Muh. Nuchi, M.Pd.I kemudian sampai sekarang dibawah kepemimpinan Masrofi, S.Pd.I.

Visi dan Misi
Visi
Imtaq yang utama
(Iman danTaqwa yang unggul, Terampil dan Akhlaq Mulia)

Misi
a. Mewujudkan seluruh aktifitas dan lingkungan yang Islami
b. Menerapkan proses belajar mengajar yang efektif dan kondusif
c. Membekali siswa-siswi dengan ketrampilan yang islami
d. Menanamkan dan mengembangkan akhlqul karimah

Kegiatan pendidikan

a.       Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari meliputi pendidikan umum dan agama

b.       Tambahan pelajaran diniyyah untuk anak desa yang tidak menempat di pondok pesantren yang meliputi materi fiqih, ubudiyyah, khot, Al Qur’an, risalatul mahid (hukum haid), nahwu dll.

c.       Pendidikan kelas unggulan untuk setiap tingkatan mulai dari kelas VII sampai dengan IX.

d.       Pengembangan prestasi

e.       Bantuan untuk anak yang kurang mampu baik pikiran maupun biaya pendidikan.

f.         Tambahan pelajaran setelah selesai jam pelajaran meliput Matematika dan bahasa Inggris.

g.       Bea siswa untuk siswa yang berprestasi.

Kegiatan Extra
a. Hadrah
b. Kasidah modern
c. Pecinta Alam
d. Ketrampilan produk
e. Ketrampilan masak


Prestasi

1. Juara 1 lomba MTQ tingkat kecamatan
2. Juara 1 lomba pidato bahasa Inggris tingkat kecamatan
3. Juara 1 lomba Seni Lukis tingkat Kabupaten
4. Juara lomba Oliempiade Matematika se Ex karesidenan Besuki

Fasilitas
1. Ruang kelas lengkap dengan TV dan VCD
2. Laboratorium komputer
3. Laboratorium bahasa
4. Laboratorium IPA
5. Masjid dan musholla
6. Kantin
7. Lapangan olahraga
8. Perpustakaan
9. As Syifa’ (Klinik Kesehatan)

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA

SILAHKAN KUNJUNGI SITUS WEB MTs. AL-AMIRIYYAH.CLICK!